Sertifikat Kompetensi Sangat Perlu di Era MEA

Sertifikat kompetensi sangat diperlukan di era MEA ini. Menagapa? Ciri MEA di antaranya adalah bebasnya bekerja bagi tenaga asing di Indonesia. Dengan bebasnya masuk tenaga asing di Indonesia berarti persaingan kerja akan semakin meningkat. Dunia industri sebagai pemberi kerja (employer) tentu akan memilih calon-calon tenaga kerjanya yang kompeten untuk menghasilkan produk atau jasa yang berkualitas. Oleh karena itu, sertifikat kompetensi menjadi penting saat ini.

Manfaat sertifikat kompetensi di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dapat dirasakan oleh banyak stakeholder (pemangku kepentingan). Bagi dunia industri, sertifikat kompetensi yang disandang oleh karyawan industri tersebut merupakan salah satu indikator jaminan mutu (quality assurance) atas produk atau layanan kepada kliennya. Produk atau jasa yang diberikan kepada kliennya dihasilkan oleh karyawan yang kompeten, yang ditunjukkan oleh sertifikat sesuai kompetensinya.

Bagi karyawan atau calon karyawan, tentu dengan sertifikat kompetensi akan menjadi modal pribadinya untuk bisa eksis di dunia kerja. Bagi yang sudah bekerja di perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan sistem remunerasi yang baik, sertifikat kompetensi berbanding lurus dengan besarnya gaji. Sedangkan bagi calon karyawan, sertifikat kompetensi dapat menjadi advantage tertentu pada saat proses rekrutmen.
Bagi dunia pendidikan, sertifikat kompetensi digunakan sebagai indikator untuk membantu memastikan link and match antara kompetensi lulusan dengan tuntutan kompetensi dunia industri.

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.