SKKNI Mengatur Standar Kompetensi Dalam Rangka Menyongsong Era MEA

SKKNI singkatan dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, merupakan pedoman yang digunakan untuk menetapkan kompetensi seseorang di bidang tertentu. Seseorang dikatakan kompeten, maka orang tersebut mempunyai atribut pengetahuan tertentu, keahlian tertentu sesuai pengetahuannya, dan sikap tertentu yang dibutuhkan, serta semua atribut yang melekat pada diri seseorang tersebut dapat diukur.

Dalam bidang Kominfo (Komunikasi dan Informasi), SKKNI diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 24 tahun 2015, tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Bidang Komunikasi dan Informasi. Di dalam Peraturan Menteri Kominfo tersebut dikatakan bahwa SKKNI Bidang Kominfo adalah rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/ atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan bidang komunikasi dan informatika yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Peraturan Menteri ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan profesi, uji kompetensi, dan sertifikasi profesi di bidang kegiatan usaha komunikasi dan informatika.

Pemberlakuan Peraturan Menteri Kominfo ini mulai tanggal 1 Januari 2016, dengan tahapan pencapaiannya adalah sebagai berikut:
• Tahun kesatu pemberlakuan wajib, 20% dari total tenaga kerja yang menjadi obyek pemberlakuan SKKNI Bidang Kominfo yang telah ditetapkan (2016);
• Tahun kedua pemberlakuan wajib (2017), 40%
• Tahun ketiga pemberlakuan wajib (2018), 60%
• Tahun keempat pemberlakuan wajib (2019), 80%
• Tahun kelima pemberlakuan wajib (2020), 100%

Saat ini terdapat 21 SKKNI Bidang Kominfo, mencakup keahlian kompetensi-kompetensi mulai dari Operator Komputer, Sistem Administrasi Jaringan Komputer, Computer Technical Support, Programmer, Manajemen Layanan Sistem Informasi, dan lain-lain. Selengkapnya SKKNI Bidang Kominfo dapat dilihat disini (http://tuk.raharja.ac.id/?page_id=77 ).

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.